Minggu, 06 Maret 2016

Mengusir Nyamuk dengan Obat Nyamuk Untuk Bayi, Amankah??

Obat nyamuk bahayakah bagi bayi? Bagi Anda yang rumahnya banyak nyamuk, terutama di malam hari, penggunaan obat nyamuk menjadi tak terhindarkan. Saat ini, ada 3 jenis obat nyamuk yang beredar di pasaran, yaitu bakar, elektrik, dan semprot. Ada juga obat nyamuk lainnya yang penggunaannya dengan cara dioles langsung diatas kulit. Secara umum, obat nyamuk mengandung bahan aktif organofosfat pembunuh serangga serta ditambah bahan pewangi dan lain-lain.



Bahaya obat nyamuk bagi kesehatan manusia patutlah diwaspadai. Obat nyamuk bakar menghasilkan asap yang sering mengakibatkan anak kecil terbatuk-batuk. Sedangkan obat nyamuk elektrik tetap menghasilkan racun karena menggunakan propoxur yang menyebabkan kerusakan syaraf secara perlahan. Sama halnya dengan kandungan obat nyamuk yaitu racun bernama Diethyltoluamide atau DEET yang dapat merusak kulit sensitive atau anak usia dibawah 2 tahun.

Umumnya, semua obat nyamuk memiliki bahaya dan dampak bagi kesehatan. Bahaya obat nyamuk bakar lebih berat karena mengeluarkan asap yang beresiko langsung terhirup masuk ke saluran nafas. Bahaya obat nyamuk menjadi lebih besar terhadap anak kecil, karena daya tahan tubuhnya masih rendah. Racun obat nyamuk masuk ke dalam tubuh melalui hirupan, saluran pernafasan atau kulit kemudian ke pembuluh darah dan masuk ke organ tubuh. Karena sebagian besar obat nyamuk dihirup, maka efek obat nyamuk berdampak langsung terhadap paru-paru.

Bahaya obat nyamuk juga bisa menyebabkan gangguan fungsi syaraf, hati dan ginjal, dan efek karsogenik yang bisa memicu kanker. Ingat ya Moms, bahaya obat nyamuk akan muncul ketika Moms menggunakannya secara berlebihan. Pastikan juga jika Moms menggunakan obat nyamuk yang disemprot, elektrik ataupun bakar, maka ruangan harus dikosongkan. Moms bisa memperbolehkan anggota keluarga kembali masuk ke ruangan setelah hit obat nyamuk baunya hilang.

Untuk meminimalisir gigitan nyamuk pada baby, Moms bisa menggunakan kelambu sehingga tidak perlu gunakan obat nyamuk.

Sumber : http://blog.melindacare.com/obat-nyamuk-bahayakah-bagi-bayi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar